Monday, June 4, 2007

Arogansi Manusia

Manusia ini manusia yang penuh dengan kesombongan nan keangkuhan. Angkuh, dan sombong membuat ia lupa diri dan bahkan ia telah berlaku arogan terhadap sang Kholiq. Padahal secara normatif ia tahu dan bahkan mungkin faham akan ketidakbenaran sifat arogan nan angkuh, namun kefahamannya ini telah membutakan dan menutup matahatinya bahkan semuanya bisa ia anggap sebagai kebenaran dengan kelihaiannya bersilat lidah dan jurus-jurus penyerangan opininya. Ia bahkan mampu membuat orang percaya dan mengimaninya dengan kelihaian beretorikanya. Sungguh ia mampu melakukan hal demikian. Sangat luar biasa. Namun yang lebih hebat lagi adalah ia mampu membuat yakin hati nuraninya bahkan nuraninya sendiri telah berani berikrar untuk mengimaninya. Nuraninya telah ia perdayai. Sungguh manusia yang luar biasa.
Mestikah ia arogan, padahal ia hanya sebatang kara yang dilahirkan tanpa sehelai busana, tanpa materi dan tanpa apa-apa. Bahkan ia matipun hanya sendirian tanpa pakaian layak bahkan jauh dari keindahan. Bagaimana ia bisa lakukan itu?
Ya Allah, apakah aku ini bagian dari manusia seperti di atas?Jika aku memang demikian, aku mohon petunjuk-Mu agar aku mampu meluluhkan hati ini, agar aku mampu meredam nafsu angkara murka, beri aku petunjuk untuk membebaskan pikiranku dari arogansi dan perilaku yang sombong. Ya Allah, beri aku kekampuan dan komitmen yang kontinu untuk melepaskan sifat jahat dan arogansi apapun dalam perjalanan hidupku. Ya Allah, jika aku tak mampu melakukannya, aku mohon beri kesempatan kepadaku untuk mmemohon ampunan-Mu. Amin...

No comments:

Post a Comment

ini komentar